Minggu, 01 November 2020
  • (0473) 21001
  • bakesbangpol@luwuutarakab.go.id

Anggota FKDM Dibekali Deteksi Dini Bidang Ipoleksosbudkam.

Anggota FKDM Dibekali Deteksi Dini Bidang Ipoleksosbudkam. Anggota FKDM Dibekali Deteksi Dini Bidang Ipoleksosbudkam.

Masamba. Anggota Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Luwu Utara dibekali deteksi dini dan cegah dini terhadap potensi dan kecenderungan ancaman serta gejala atau peristiwa bencana di bidang Idiologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya dan Keamanan (Ipoleksosbudkam) di ruang pertemuan Badan Kesbangpol Luwu Utara, Selasa, 19-9-2017
Rapat koordinasi yang dibuka langsung Asisten Tata Pemerintahan Pemkab Luwu Utara, Andi Sarappi mengatakan dalam menjaring, menampung, mengkoordinasikan data dan informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman keamanan, gejala atau peristiwa bencana dalam upaya pencegahan dan penanggulangan secara dini. "Perlu dipahami ruang lingkup dan cakupan deteksi dini bagi anggota yang cakupannya sangat luas. Besarnya tanggungjawab pada bidang idiologi yakni bagaimana deteksi gerakan-gerakan yang bertentangan dengan ideologi negara yang dilakukan sekelompok orang, belum lagi menjelang Pilkada Gubernur dan pilkades serentak 2018" kata Andi Sarappi.
Masih menurutnya, belum lagi masalah ekonomi baik yang terkait dengan ketahanan pangan, kemiskinan dan pengangguran termasuk bidang sosial budaya seperti konflik-konflik antar kelompok masyarakat, permasalahan adat, pendirian rumah ibadah, peredaran narkotika dan PCC termasuk gangguan bencana alam seperti tanah longsor dan banjir yang dapat mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat." Masalah keamanan batas wilayah perlu juga diantisipasi jangan sampai menjadi konflik baik antar kecamatan maupun kabupaten termasuk jaringan terorisme, radikalisme dan ekstrimisme" terangnya.