Minggu, 01 November 2020
  • (0473) 21001
  • bakesbangpol@luwuutarakab.go.id

Bakesbangpol Kumpulkan Camat dan SKPD

Bakesbangpol Kumpulkan Camat dan SKPD Bakesbangpol Kumpulkan Camat dan SKPD

MASAMBA - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Luwu Utara meminta kepada semua Camat dan SKPD terkait untuk membentuk Tim Pemantau pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Tahun 2018 di masing-masing wilayah kerja Camat. Tim pemantau ini berfungsi untuk mengawal penyelenggaraan pilkada agar berjalan tertib, aman, terkendali dan kondusif dan melaporkannya kepada Tim  Pemantau Kabupaten yang dipusatkan di Bakesbangpol Luwu Utara. " Tim Pemantau Tingkat Kabupaten dibentuk berdasarkan Keputusan Bupati Luwu Utara Nomor 188.4.45/41/I/2018 tentang Pembentukan Tim Pemantau Pilgub 2018 dengan tugasnya melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kondisi politik dan keamanan pada setiap tahapan Pilgub dan olehnya itu diharapkan pula kiranya Camat membentuk Tim Pemantau di tingkat Kecamatan" kata Kaban Kesbangpol Luwu Utara, Enyon saat usai rapat bersama para Camat dan SKPD terkait di ruang rapat Bakesbangpol, Selasa 10-4-2018.

Masih menurut Enyon, Tim Pemantau Pilgub ini dibentuk berdasarkan Permendagri Nomor 61 Tahun 2011 sehingga Tim Pemantau pilgub juga berkewajiban memberikan laporan perkembangan situasi politik dan keamanan setiap hari kepada Bupati melalui Bakesbangpol. "Tim Pemantau hanya bertugas melakukan pemantauan bukan bertindak seperti penyelenggara semata-mata hanya membantu untuk mensukseskan pilgub," paparnya. 

Pada tahapan pilgub ini, Bakesbangpol juga insten melakukan pemantauan dan deteksi dini jelang pilkada. Termasuk juga melakukan pemetaan kerawanan konflik dan partisipasi masyarakat dalam pilgub. "Hal ini penting untuk melihat titik-titik yang dapat mempengaruhi sukses tidaknya pilgub itu sendiri di masing-masing wilayah kecamatan. "Sengaja kita hadirkan para Camat untuk membentuk Tim Pemantau Tingkat Kecamatan juga melakukan deteksi dini dan cegah dini terhadap hal-hal yang dapat menimbulkan konflik di masyarakat dan melakukan pemantauan terhadap netralitas ASN dalam pilgub ini " ujar Enyon.